Cara Merawat Kaki Palsu Dengan Benar

Beberapa cara merawat kaki palsu ini mungkin akan berguna untuk anda yang menggunakannya untuk memperpanjang masa pakai kaki palsu. Simak artikel ini.

Membeli kaki palsu memang tidak murah, untuk itu anda harus menjaga kaki palsu dengan cara merawat kaki palsu dengan benar. Ketika kaki palsu terawat dengan benar maka akan memperpanjang umur kaki palsu, sehingga anda tak perlu beli kaki palsu dalam beberapa waktu hanya karena kaki palsu yang anda gunakan telah rusak.

Apabila anda menjaga dan merawat kaki palsu dengan benar, maka anda nantinya juga akan nyaman menggunakannya, mengingat kaki palsu itu pasti digunakan seiap hari untuk beraktivitas dari pagi sampai malam. Tidak sulit merawat kaki palsu, ikuti beberapa langkahnya dibawah ini.

Cara Merawat Kaki Palsu Dengan Benar

Beberapa Cara Merawat Kaki Palsu Dengan Mudah

  1. Lepas Kaki Palsu Pada Saat Istirahat (Tidur)

Cara merawat kaki palsu dengan benar yang pertama yaitu, anda harus melepaskan kaki palsu pada saat anda ingin pergi tidur. Jangan biarkan kaki palsu terus menempel, karena nantinya juga akan membuat tidur anda menjadi tidak nyaman. Dengan cara ini, juga membuat kaki palsu anda akan awet dan tidak mudah rusak.

  1. Pantau Kaki Palsu Secara Rutin

Anda juga harus memantau kaki palsu anda secara rutin, untuk memastikan ada atau tidaknya kerusakan pada kaki palsu anda. Jika tidak di pantau dan diperiksa, bisa jadi ada retakan yang tidak anda ketahui, nantinya akan membahayakan anda sendiri ketika dipakai untuk aktivitas.

  1. Menjaga Berat Badan

Mengapa para pengguna kaki palsu harus menjaga berat badannya ? Karena apabila anda semakin gemuk, maka ukuran kaki juga akan membesar. Sedangkan kaki palsu tidak bisa mengikuti bentuk kaki anda secara berkala. Kaki palsu dibuat dengan ukuran yang pasti dan tidak dapat berubah. Sayang, jika anda haru ganti kaki palsu hanya karena ukuran kaki palsu nya sudah tidak muat lagi di kaki anda. Cara merawat kaki palsu ini sangat efektif untuk menjaga keawetan kaki palsu.

  1. Pakai Kaos Kaki

Pakailah kaos kaki ketika hendak memakai kaki palsu. Hal ini tidak hanya digunakan sebagai cara merawat kaki palsu dengan benar, tetapi juga bisa menjaga kenyamanan pada kaki anda sendiri. Memakai kaos kaki akan membuat bagian kaki anda menjadi tidak lecet, apalagi jika anda memakai kaki palsu untuk beraktivitas seharian dari pagi sampai malam. Dan memakai kaos kaki juga bisa menjaga kaki palsu anda terhindar dari bau yang tidak sedap.

  1. Hindari Menggunaka Sepatu Hak Tinggi

Apabila anda menggunakan kaki palsu, sebaiknya jangan menggunakan alas kaki atau sepatu hak tinggi untuk kaki palsu anda. Hal itu bisa merusak kaki palsu, ketika anda tidak bisa menjaga keseimbangan pada saat menggunakan hak tinggi tersebut. Gunakan alas kaki palsu yang biasa saja (tidak ada hak nya).

  1. Bersihkan Kaki Palsu Secara Rutin

Cara merawat kaki palsu yang terakhir, yaitu, anda harus mencuci dan membersihkan kaki palsu secara rutin dan berkala. Tidak hanya membersihkan bagian dalam saja (bagian socket), tetapi anda juga harus mencuci bagain luar kaki palsu. Lebih baik, jangan mencuci kaki palsu dengan detergen, gunakan sabun mandi saja. Bahkan ada merk sabun mandi yang bagus untuk membersihkan kaki palsu, anda bisa tanyakan kepada prostetist. Apabila sempat, cucilah kaki palsi setiap hari pada saat akan digunakan

Nah, beberapa cara merawat kaki palsu diatas bisa anda ikuti untuk menjaga keawetan kaki palsu anda agar tidak bolak-balik membeli kaki palsu, mengingat harganya cukup mahal.