Cara Pembuatan Kaki Palsu Paling Lengkap

Tahukah anda mengenai cara pembuatan kaki palsu? Dalam artikel ini akan membahas secara lengkap proses pembuatan kaki palsu yang nyaman digunakan. Yuk simak uraian dibawah.

Kaki memang merupakan salah satu anggota tubuh yang berperan penting, terutama untuk berjalan. Namun, yang namanya musibah bisa datang kapan saja. Untuk orang-orang yang tidak punya kaki karena diamputasi atau karena sebab lainnya, mungkin cara pembuatan kaki palsu ini bisa bermanfaat untuk anda. Atau setidaknya anda bisa request dengan yang membuat, ingin model yang seperti apa.

Kaki palsu merupakan salah satu alat bantu untuk jalan, bagi orang-orang yang sudah tidak mempunyai kaki dari lahir atau disebabkan karena diamputasi. Untuk mendapatkan kaki palsu yang baik, maka proses pembuatannya juga harus sesuai dengan standar. Seperti apa standar pembuatan kaki palsu yang baik ? Simak penjelasannya dibawah.

Cara Pembuatan Kaki Palsu Paling Lengkap

Cara Pembuatan Kaki Palsu Menggunakan Standar Yang Baik

  1. Mempertimbangan Dari Berbagai Sisi

Untuk membuat kaki palsu modern, ada beberapa hal yang harus anda tahu sebagai bahan pertimbangan, yang nantinya akan menghasilkan kaki palsu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. Hal-hal yang perlu anda tahu antara lain :

  • Level Amputasi

Anda harus tau, pasien tersebut mengalami level amputasi pada bagian apa saja. Ada yang diamputasi pada bagian atas lutut, bawah lutut, tepat di lutut, tepat di sendi panggul, setengah telapak kaki, dan pada bagian tepat di mata kaki.

  • Apa Penyebabnya

Hal yang harus dipertimbangkan selanjutnya yaitu, anda harus tau apa penyebab pasien sampai mengalami kondisi kehilangan kakinya. Ada 3 sebab, bisa diamputasi karena telah mengalami kecelakaan yang parah, karena penyakit sejenis diabetes, kanker dan sebagainya, atau bisa juga memang sudah tidak mempunyai kaki sejak lahir.

  • Kondisi Stump (Ekstremitas sisa)
  • Desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasien
  1. Pengukuran

Setelah menentukan jenis kaki palsu dari beberapa pertimbangan diatas, anda bisa masuk ke tahap cara pembuatan kaki palsu yang kedua yaitu pengukuran. Anda bisa melakukan pengukuran dari ekstremitas sisa dan dari kaki normal juga untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Pencetakan Socket

Sebelum melakukan pengukuran, anda juga seharusnya sudah berhasil mendapatkan bahan untuk membuat kaki palsu dari beberapa pertimbangan diatas. Dilanjutkan setelah melakukan pengukuran , masuk ke tahap pencetakan socket. Sebelum dicetak, socket sudah harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien, sehingga menghasilkan cetakan socket yang nantinya nyaman digunakan

  1. Perakitan Desain

Setelah socket sudah selesai dicetak, hal yang selanjutnya adalah melakukan perakitan desain. Perakitan ini dilakukan sesuai dengan desain, jenis dan ukuran yang sudah ditentukan diawal, sewaktu melakukan pertimbangan. Desain kaki palsu juga seharusnya dilakukan seakurat mungkin agar nanti menghasilkan kaki palsu yang berfungsi secara optimal ketika digunakan.

  1. Finishing

Cara pembuatan kaki palsu yang terakhir yaitu masuk ke tahap finishing. Pada tahap ini, kaki palsu sebenarnya sudah jadi, dan sudah bisa dipakai, hanya saja rupa nya masih kasar. Maka dari itu dilakukan finishing dengan mengcover menggunakan stocking dan spon, untuk menghasilkan tampilan kaki palsu yang sempurna dan menyerupai kaki asli. Setelah semua proses selesai, kaki palsu siap untuk digunakan.

Beberapa tahapan cara pembuatan kaki palsu diatas, sudah termasuk dalam standar untuk mendapatkan hasil kaki palsu yang terbaik. Jeli lah dalam memilih tempat pembuatan kaki palsu, karena jika salah menentukan tempat pembuatan kaki palsu, bisa saja anda mendapatkan kaki palsu yang tidak nyaman digunakan. Semoga bermanfaat.