Proses Pemasangan Kaki Palsu Serta Manfaatnya Lengkap

Setelah kaki palsu selesai di buat, maka anda juga harus tau proses pemasangan kaki palsu yang baik dan benar. Semuanya akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.

Mungkin bagi anda memasang kaki palsu adalah hal yang sepele, padahal dalam proses pemasangan kaki palsu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk anda yang menginginkan memasang kaki palsu sendiri, bisa ikuti beberapa tahapan pemasangan kaki palsu yang baik dan benar dibawah ini. Tetapi memang lebih afdol jika minta saja langsung dipasangkan oleh yang sudah ahli. Simak beberapa uraian dibawah ini

Beberapa Proses Pemasangan Kaki Palsu Serta Manfaatnya

  1. Memastikan Kesehatan Kaki

Hal utama yang harus diperhatikan dalam proses pemasangan kaki palsu adalah memastikan bahwa bagian kaki yang akan dipasangi dalam keadaan sehat dan tidak ada bagian yang terinfeksi atau luka. Jika memang masih ada bagian stump kaki terluka, maka sebaiknya tunggu dulu sampai luka itu kering, barulah dipasangi kaki palsu

  1. Mengukur Stump

Walaupun mungkin si pembuat kaki palsu sudah mengukur terlebih dahulu untuk kepentingan proses pembuatan. Namun sebelum memasangkan kaki palsu, alangkah lebih baiknya, ukur lagi bagian stump (ujung kaki yang teramputasi) untuk memastikan bahwa kaki palsu tersebut pas di kaki.

  1. Melakukan Desensitisasi

Proses desensitisasi ini harus dilakukan sebelum memasang kaki palsu modern pada kaki, yaitu proses untuk mengurangi bahkan menghilangkan tingkan sensitifitas pada bagian stump. Caranya, anda perlu menekan-nekan pada daerah stump dengan menggunakan kain lembut. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penumpukan cairan pada bagian luar dan dalam stump.

Yang kedua, anda harus menggosok-gosokkan kulit didaerah sekitar tulang secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya jaringan parut yang berlapis berlebihan. Semahal apapun harga kaki palsu, tetap akan membuat jaringan parut yang berlebih pada daerah stump apabila tidak melakukan tindakan desensitisasi seperti ini.

Dilakukan Pemasangan kaki palsu, bertujuan untuk :

  1. Membuat Pasien Lebih Mandiri

Setelah proses pemasangan kaki palsu selesai, maka sudah jelas pasien akan lebih mudah melakukan aktivitas apapun tanpa harus bergantung dengan orang lain. Maka dengan kata lain, memakai kaki palsu membuat pasien lebih mandiri.

  1. Membuat Pasien Lebih Percaya Diri

Keadaan pasien yang sudah kehilangan salah satu bagian anggota tubuh yang paling penting, biasanya membuat sebagian pasien atau tuna daksa tersebut merasa minder dan tidak percaya diri. Ketika pasien sudah memakai kaki palsu, hal tersebut pastinya akan membuat kepercayaan diri pasien kembali. Meskipun yang digunakan hanyalah sekedar kaki palsu, setidaknya akan membuat pasien tidak bergantung terus menerus kepada orang lain jika akan melakukan aktivitas. Baik mahal ataupun murah, bahkan kaki palsu gratis sekalipun, efeknya akan tetap sama. Membuat pasien lebih percaya diri.

  1. Kenyamana Pasien Melakukan Berbagai Aktivitas.

Mungkin pasien yang kehilangan kakinya, bisa memakai alat bantu saja beruba kursi roda atau tongkat dalam alat bantu jalan lainnya. Namun alat-alat tersebut tetap saja akan merepotkan dan membuat pasien jadi ketergantungan kepada orang lain. Namun jika memakai kaki palsu, mungkin pasien tidak akan merepotkan orang lain lagi, serta menggunakan kaki palsu ada kenyamanan tersendiri yang dirasakan pasien tentunya. Apalagi jika proses pemasangan kaki palsu dilakukan secara baik dan benar. Maka bukan hanya nyaman, tetapi kaki palsu juga akan awet.

Nah, beberapa proses pemasangan kaki palsu beserta manfaatnya di atas, semoga bisa menambah pengetahuan anda mengenai kaki palsu. Perhatikan dan ikuti benar prosesnya diatas, dijamin anda tidak akan merasa kesakitan ketika memakai kaki palsu.Proses Pemasangan Kaki Palsu Serta Manfaatnya Lengkap